4 Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Penyewa Saat Melakukan Bisnis Rumah Kontrakan

4 Hal Yang Harus Ditanyakan Kepada Penyewa Saat Melakukan Bisnis Rumah Kontrakan

Bisnis rumah kontrakan adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan menggiurkan. Bagaimana tidak, melalui bisnis ini setiap bulan Anda akan mendapatkan uang sewa tanpa harus melakukan apa-apa.

Namun sebelum memulai bisnis ini perlu memerlukan modal yang tidak sedikit untuk membangun kontrakan.

Bisnis rumah kontrakan akan laris dan berhasil jika kontrakan tersebut memiliki letak yang strategis. Misalnya terletak pada daerah perkantoran atau kampus. Biasanya orang yang bekerja di kantoran cenderung belum memiliki rumah sendiri karena mereka mengadu nasib di daerah tersebut.

Sama halnya dengan mahasiswa yang datang ke tempat tersebut untuk mencari ilmu. Rumah kontrakan dipilih karena rumah kontrakan dapat dianggap seperti rumah sendiri.

Namun Anda beberapa kendala yang perlu diperhatikan dalam bisnis rumah kontrakan. Terlebih lagi jika Anda adalah pemula atau orang yang baru mau membuka bisnis rumah kontrakan. Yang perlu diperhatikan adalah masalah penyewa.

Hal ini karena tidak semu penyewa memiliki pribadi yang baik. Banyak pula penyewa yang kurang dari kata baik sehingga mereka sering menunggak uang sewa kontrakan tanpa alasan yang jelas.

Jika hal tersebut terus menerus dibiarkan maka Anda bisa mengalami kerugian. Untuk itu perlu diperhatikan dalam memilih penyewa rumah kontrakan agar bisnis kontrakan yang Anda lakukan tidak mengalami masalah di kemudian hari.

Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan dalam memilih penyewa.

1. Identitas

Identitas sangat penting ditanyakan kepada penyewa yang ingin menyewa kontrakan Anda. Melalui kartu identitas Anda dapat mengetahui asal usul penyewa kontrakan.

Pastikan pula status lajang pada KTP sesuai dengan keadaan saat ini. Jangan sampai status lajang pada KTP lajang tetapi sering tinggal bersama dengan lawan jenis.

Tentunya hal tersebut dapat memperburuk citra bisnis rumah kontrakan yang sedang digeluti. Tanyakan pula memiliki berapa saudara serta orang tua apakah masih sehat atau tidak.

Tanyakan sewajarnya saja dan diselingi dengan candaan. Agar kesan yang dihasilkan tidak seperti sedang mengintrogasi.

2. Tanyakan status pekerjaan

Menanyakan status pekerjaan tentu sangat penting, hal ini berkaitan dengan uang sewa yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tanyakan apakah penyewa kontrakan Anda termasuk pekerja atau mahasiswa.

Jika pekerja maka tanyakan bekerja dimana kemudian tanyakan slip gaji untuk memastikan gaji dan uang sewa yang harus dibayarkan. Apakah ada kesanggupan dengan gaji tersebut untuk membayar uang sewa kontrakan.

Jika penyewa seorang mahasiswa maka tanyakan kartu mahasiswa untuk memastikan apakah benar penyewa tersebut masih mahasiswa aktif atau tidak. Untuk menghindari penyewa yang kabur sebelum membayar sewa tiap bulan.

Maka yang bisa anda lakukan adalah meminta uang sewa selama satu tahun kedepan untuk menghindari penyewa kabur sebelum membayar uang sewa kontrakan.

3. Tanyakan apakah membawa bintang peliharaan

Ini harus ditanyakan terlebih lagi jika nada memiliki alergi terhadap hewan peliharaan seperti kucing atau lainnya. Penyewa harus jujur dan bicara apa adanya ketika ditanya membawa hewan peliharaan atau tidak. Apalagi jika kontrakan yang dibuat harus terbebas dari hewan peliharaan.

4. Apakah rumah kontrakan hanya dijadikan sebagai hunian atau tempat usaha

Pertanyaan ini harus ditanyakan kepada penyewa, jika penyewa menyewa rumah kontrakan hanya untuk dijadikan sebagai hunian saja maka pasanglah tarif sewa seperti biasanya. Namun jika kontrakan dijadikan sebagai tempat usaha, tidak ada salahnya jika Anda memasang tarif sewa lebih tinggi.

Hal ini karena secara langsung rumah kontrakan tersebut menyokong usaha yang dibuat. Hal ini dibandingkan dengan sewa ruko yang mahal saat ini. Dalam bisnis rumah kontrakan menanyakan hal tersebut wajar saja.

Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda ajukan kepada calon penyewa sebelum mereka menyewa rumah kontrakan Anda. Hal ini bertujuan agar bisnis rumah kontrakan yang sedang digeluti dapat berjalan dengan lancar.

Yang diharapkan adalah para penyewa selalu rajin dalam membayar uang sewa kontrakan setiap bulannya. Tidak hanya itu, dalam bisnis rumah kontrakan Anda sebagai pemilik rumah juga harus bersikap ramah. Hal ini agar orang yang mau menyewa kontrakan Anda merasa betah dan puas dengan pelayanan yang diberikan.