Tips Memilih Kos-Kosan Untuk Mahasiswa Perantauan

Tips Memilih Kos-Kosan Untuk Mahasiswa Perantauan

Sebagai orang tua yang memiliki anak dengan status calon mahasiswa seringkali di bingungkan dengan berbagai masalah kuliah anaknya. Termasuk dalam memilih kos-kosan untuk mahasiswa baru seperti anaknya. Untuk membantu, artikel ini akan membahas panduan agar menemukan penginapan yang sesuai bagi mahasiswa.

Diterima di sebuah universitas ternama merupakan suatu hal yang sangat menggembirakan. Banyak yang semasa SMA telah memiliki gambaran akan kuliah dimana nantinya.

Sebagian dari para pelajar memilih universitas sesuai bidang yang ditargetkan, ada pula yang memilih perguruan tinggi yang dekat dengan tempat tinggal kerabatnya agar tidak perlu mengeluarkan biaya kost setiap bulan dan bisa menghemat uang saku.

Bagi Anda yang harus mencari kost selama masa kuliah tentunya akan menjadi hal yang cukup merepotkan apabila belum menemukan kos yang sesuai dengan Anda, sedangkan tahun ajaran baru akan segera dimulai. Memilih kos-kosan untuk mahasiswa tentu berbeda dengan memilih kos untuk pekerja.

Agar tidak harus berpindah-pindah setiap semester, maka dalam memilih kos-kosan tentunya Anda harus memperhatikan beberapa faktor penting berikut:

1. Akses jalan.

Sangat penting tentunya ketika Anda memilih kos-kosan untuk mahasiswa, Anda harus memperhatikan akses jalan menuju kos. Tempat kos yang dekat dengan jalan utama membuat Anda menghemat waktu dan biaya, tidak perlu berputar-putar untuk berangkat atau pulang kuliah.

Dengan akses jalan yang mudah dijangkau Anda juga tidak perlu menguras tenaga untuk sampai ke kampus.

2. Lokasi tempat kos.

Semakin dekat tempat kos dengan kampus akan semakin memudahkan Anda dalam mengejar waktu belajar. Sehingga tidak banyak waktu yang terbuang juga tidak perlu berangkat lebih awal.

Sebisa mungkin Anda juga mencari tempat kos yang tidak terlalu jauh dari warung yang menyediakan bahan makanan agar saat sewaktu-waktu Anda merasa lapar tidak perlu jauh membelinya.

3. Fasilitas kamar.

Memilih kos-kosan untuk mahasiswa harus melihat fasilitas kamar yang disediakan. Sebagai mahasiswa pasti Anda akan membawa banyak barang elektronik seperti handphone, laptop, bahkan rice cooker.

Kamar kos sebaiknya tidak terlalu sempit dan tidak terlalu lebar, ukuran 3×3 meter adalah ukuran kamar kos yang pas. Selain itu untuk menjaga kesehatan, kamar kos juga perlu jendela agar sirkulasi udara baik.

4. Fasilitas lingkungan kos.

Selain fasilitas kamar perlu di perhatikan juga fasilitas lingkungan. Ada tidaknya garasi yang cukup jika Anda membawa kendaraan. Kondisi air di kamar mandi juga perlu Anda perhatikan agar sewaktu sedang di gunakan tidak tiba-tiba kehabisan air.

5. Harga kos.

Hal yang paling penting dalam memilih kos-kosan untuk mahasiswa adalah harga. Kebanyakan mahasiswa sering menemui masalah dalam urusan keuangan, bisa saja ketika harus membayar sejumlah kegiatan kampus ternyata juga masuk jatuh tempo pembayaran biaya kos.

Jadi memilih kos yang biaya sewa tidak terlalu mahal atau sesuai fasilitas kos tentu akan sangat membantu meringankan beban Anda.

Agar bisa lebih hemat perlu juga untuk mencari kos yang menyediakan dapur agar Anda bisa memangkas biaya makan dengan memasak sendiri mi instan, sayur, atau telur sebagai lauk.

6. Pengawasan dan penjagaan.

Meskipun dua hal ini sering di anggap seram bagi para mahasiswa perantauan, namun adanya ibu kos akan menjaga Anda tetap pada tujuan awal menuntut ilmu.

Sedangkan adanya penjaga juga bisa membuat Anda tenang ketika anda pergi ke kampus tanpa harus khawatir akan terjadi sesuatu pada barang-barang Anda di kamar kos.

Jangan tertipu dengan harga murah yang jauh dari harga standar. Kewaspadaan terhadap kos-kosan yang menawarkan harga jauh lebih murah sangat penting. Alangkah baiknya jika Anda menanyakan kepada teman atau bila perlu temui ketua RT setempat.

7. Memilih tempat kos yang tenang.

Privasi mahasiswa biasanya sangat diutamakan. Hal ini karena kebanyakan mahasiswa membutuhkan waktu tersendiri untuk bisa fokus dan konsentrasi pada tugas-tugas yang di hadapi.

Sehingga sebagian mahasiswa membutuhkan tempat yang tenang untuk kebutuhan kos. Maka dari itu tempat kos yang tenang dan lingkungannya terjaga dengan baik adalah hal yang harus di pertimbangkan dalam memilih kos-kosan untuk mahasiswa.

8. Lingkungan kamar kos.

Hal terakhir yang harus di perhatikan dalam memilih kos-kosan untuk mahasiswa ialah lingkungan sekitar tempat kos. Teman kos yang baik bisa menjadi pengganti keluarga sementara bagi Anda, selain itu teman kos juga bisa berada di posisi yang penting ketika Anda mendapat sedikit masalah.

Jadi sebaiknya carilah tempat kos yang ramah dan penghuninya mudah untuk Anda jadikan teman yang baik.

Demikian ulasan tentang tips memilih kos-kosan untuk mahasiswa yang bisa Anda jadikan panduan jika sedang mencari tempat kos yang sesuai untuk Anda tinggali selama proses perkuliahan berlangsung. Anda perlu memperhatikan poin-poin diatas, sebab pemilihan kos yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan anda alam menuntut ilmu.